Saturday, January 13, 2024

Tujuan Hidup

RASA memiliki tujuan berada di puncak piramida aktualisasi diri yang diciptakan oleh Abraham Maslow lebih dari 50 tahun yang lalu. Melalui penelitiannya, Dr. Maslow menemukan bahwa mereka yang merasa memiliki tujuan hidup memiliki kualitas tertinggi yang ditawarkan umat manusia.


Selama bertahun-tahun saya di Subud, topik inilah yang paling banyak ditanyakan orang dibandingkan topik lainnya. Orang berulang kali menanyakan pertanyaan seperti: Bagaimana cara menemukan tujuan saya? Apakah hal seperti itu benar-benar ada? Mengapa saya tidak tahu tujuan hidup saya? Bersikap terencana adalah hal yang dicapai oleh orang-orang yang paling mengaktualisasikan diri dalam perjalanan hidup mereka. Namun banyak orang yang tidak mempunyai tujuan hidup, dan bahkan mungkin ragu bahwa mereka mempunyai tujuan hidup.

Menanggapi pertanyaan “Apa yang harus saya lakukan dengan hidup saya?”, saya menyarankan bahwa hanya ada satu hal yang dapat saya lakukan dengan hal itu, karena saya datang ke hidup ini tanpa apa-apa dan saya akan pergi tanpa apa-apa: Anda dapat memberikannya.

Saya akan merasa sangat terberkati ketika saya menyerahkan hidup saya dengan mencintai sesama. Ketika saya mencintai sesama, planet ini, dan Tuhan, saya memiliki tujuan. Apa pun yang saya pilih, jika saya termotivasi untuk melayani orang lain dan pada saat yang sama tidak terikat pada hasilnya, saya akan merasakan bahwa saya telah mencapai tujuan hidup saya, terlepas dari berapa banyak kelimpahan yang mengalir kembali kepada saya.

Tindakan mencintai sesama adalah salah satu hal paling menggembirakan yang pernah saya alami. Saya merasakan kegembiraan menggugah semangat dan jiwa saya ketika saya berencana melakukan sesuatu untuk membuat orang lain merasa dicintai dan diperhatikan.

Namun ada hal penting di sini yang menurut saya sering diabaikan orang: Kita tidak dapat memberikan sesuatu yang tidak kita miliki dalam diri kita. Bagaimana kita bisa mencintai orang lain jika kita sendiri tidak mencintai diri kita sendiri?

Saya perlu menerima diri saya sendiri, menerima kepribadian saya dan bahkan ketidaksempurnaan saya, mengetahui bahwa meskipun saya tidak berada di tempat yang saya inginkan, saya membuat kemajuan. Tuhan ingin saya mencintai diri saya sendiri dan menikmati bagaimana Dia menciptakan saya!©2024

 

Pondok Cabe, Tangerang Selatan, 13 Januari 2024

No comments: