MELIHAT logo 80 tahun Indonesia Merdeka yang baru diluncurkan dan kemiripan dengan yang ada di koleksi VectorStock, saya teringat pengalaman pribadi saya ketika masih berkiprah sebagai Senior Copywriter di Rama & Grey (PT Rama Perwira) tahun 1995-1997.
Creative Director saat itu, seorang Australia peraih Clio Award untuk iklan Coca Cola ketika ia berkarir di Madison Avenue, New York, Amerika Serikat, Neal Weeks namanya, mengomentari salah satu dari lima alternatif ide saya untuk iklan televisi (television commercial/TVC) Wrigley Chewing Gum.
Ia bertanya ke saya apakah saya pernah melihat TVC dari minuman ringan bersoda “Big Cola”. Saya jawab, belum. Karena TVC-nya memang tidak ditayangkan di Indonesia. Namun saya jadi kecewa, karena merasa ide saya jadi tidak orisinal.
Neal Weeks pun
menghibur saya: “Jangan kecewa, Anto. Tuhan menurunkan ide-ide ke semua copywriter di muka bumi, dan kadang ada
ide-ide yang mirip satu sama lain. Kalau penggunaannya untuk produk yang sama,
memang jadi tidak orisinal. Tapi dalam kasus kamu, idenya kan untuk permen
karet, bukan minuman sejenis Big Cola. Ide kamu tetap orisinal, jangan
khawatir.”©2025
Pondok
Cabe, Tangerang Selatan, 25 Juli 2025
No comments:
Post a Comment