Monday, October 23, 2023

Sehari dalam Kehidupan Seorang Copywriter

 


SAYA akhirnya sampai pada titik ini pada hari ini, 24 Oktober 2023. Tanggal ini mudah saya ingat karena satu alasan: bertepatan dengan tanggal berdirinya Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pada tanggal ini, 29 tahun yang lalu, saya menginjakkan kaki di Puri Matari, kantor sebuah biro iklan ternama Indonesia.

Merupakan sebuah “kecelakaan” yang membuat saya memutuskan bahwa jalan hidup saya adalah menjadi seorang copywriter. Saya diterima di Matari Advertising karena gelar sarjana sejarah dari Universitas Indonesia, dan dikontrak selama satu tahun untuk mengerjakan buku “25 Tahun Matari”. Belum tersedia ruang kerja tersendiri untuk saya dan rekan saya, sehingga untuk sementara kami ditempatkan di perpustakaan Matari.

Di perpustakaan ini terdapat lebih dari 7.000 judul buku, namun yang menarik perhatian saya adalah delapan buku tentang copywriting. Salah satunya adalah karya Alastair Crompton, The Craft of Copywriting. Buku inilah yang menginspirasi saya untuk menjadi seorang copywriter.

Sudah 29 tahun saya terjun ke dunia copywriting. Saya sudah mengerjakan ini begitu lama sampai saya lupa bagaimana rasanya tidak punya ide atau menderita sindrom kertas putih seperti yang dialami para pemula.

Sampai saat ini, walaupun saya sudah melakukannya bertahun-tahun, masih ada yang bertanya kepada saya apa sebenarnya copywriter itu. Namun kali ini saya tidak ingin menjawab pertanyaan itu. Sebagai gantinya, saya akan bercerita. Judul ceritanya adalah “Sehari dalam Kehidupan Seorang Copywriter”.

Seperti apa kehidupan sehari-hari Anda jika Anda seorang copywriter? Jawaban singkatnya adalah hari-hari setiap orang mungkin sedikit berbeda, tentu saja, tetapi jika Anda pernah menjadi copywriter, maka Anda tahu bahwa Anda dapat mengatur semacam kemiripan dan kerangka di sekitarnya untuk mengatur hari Anda.

Hari ini, saya akan memandu Anda melalui hari-hari biasa saya sebagai seorang copywriter, bagaimana saya mengatur waktu saya untuk duduk dan memiliki waktu menulis secara mendalam, bagaimana saya mengatur pertemuan dengan klien, dan banyak lagi. Ini adalah parameter dan kerangka kerja yang saya berikan pada diri saya sendiri, sehingga saya tetap bisa menjadi kreatif dan visioner dalam segala hal, namun juga dapat menyelesaikan pekerjaan karena itulah satu-satunya cara bisnis saya menghasilkan uang jika saya benar-benar menggunakan otak saya di saat yang paling tepat.

Jadi ini adalah kisah sehari dalam kehidupan, kapanpun saya bangun tidur. Baik saya sedang berlibur atau tidak, hal pertama yang saya lakukan adalah menenggak air dan melakukannya begitu turun dari tempat tidur. Kadang-kadang saya menambahkan lemon dan madu ke dalamnya dan baru setelah itu saya diperbolehkan meminum minuman panas—bagi saya, itu bisa berupa teh atau kopi.

Selanjutnya, saya mengabdikan waktu untuk mendekatkan diri kepada yang ilahi. Sejak saya dibuka di Subud, saya selalu suka duduk diam di tepi tempat tidur dengan mata tertutup dan merasakan diri saya sendiri selama beberapa belas menit. Saya merenung: Oke, di sinilah saya berada dalam hidup. Mengapa saya sangat menyukainya adalah karena hal ini memberi saya ruang untuk mengalami pasang surut.

Setelah itu, saya kemudian mempunyai kesempatan untuk membaca apa pun yang saya inginkan. Seperti buku, saya terobsesi dengan membaca. Waktu saya di pagi hari adalah ketika saya mempunyai kesempatan untuk membaca lebih banyak tentang spiritualitas atau motivasi.

Pada titik ini, putri saya yang berusia enam tahun sudah bangun. Jadi kami pun menyantap sarapan bersama. Istri saya menyiapkan putri kami dan saya sering mengantarnya ke sekolah dasar, sekitar satu kilometer dari rumah.

Dalam rutinitas pagi itu, berolahraga ada di dalamnya. Dalam rutinitas olahraga saya, saya hanya berjalan-jalan sebentar di pagi hari. Itu semua yang saya lakukan di pagi hari sebelum memulai hari kerja saya.

Baiklah, selanjutnya dalam rutinitas harian saya, waktunya sekitar jam 9 pagi hingga jam makan siang. Satu hal yang harus saya lakukan saat pertama kali duduk di belakang meja saya adalah merencanakan hari saya secara mental dan memastikan semuanya sudah direncanakan. Saya tidak langsung duduk dan mulai melakukan hal pertama di meja saya. Saya menenangkan pikiran saya dan berserah diri kepada Tuhan, memohon bimbinganNya dalam segala hal yang saya lakukan pada hari itu.

Oke, itu membawa saya sampai sekitar jam 11.30 atau dua belas siang, saat ini saya akan pergi ke dapur dan mengambil makan siang. Rehat saja, membiarkan otak saya berhenti bekerja sebentar. Saya akan duduk di carport selama beberapa menit, merokok sementara pikiran saya melayang ke dunia asing atau menikmati pemahaman spontan yang datang dari jiwa saya.

Saya biasa bekerja di meja saya. Saya pikir itu adalah peninggalan dari masa saya masih menjadi pegawai tetap. Saya menyadari bahwa saya dapat menghabiskan 45 menit untuk makan siang di meja saya, tidak benar-benar menyelesaikan pekerjaan dengan baik atau sama sekali tidak menikmati proses menikmati makanan enak atau saya dapat menghabiskan 20 hingga 30 menit, menjauh dari segalanya dan kemudian kembali bekerja dan bisa lebih fokus.

Sekitar jam tiga sampai lima sore, saya melakukan sebanyak yang saya bisa selama waktu ini sebelum saya kehabisan akal, siap untuk pergi menemui putri saya, bermain dengan keluarga saya. Dan kemudian saya mematikan komputer. Terkadang, lebih sering saya membuka ponsel cerdas saya di malam hari dan melakukan beberapa hal; terutama memeriksa kotak masuk. Saya tidak menghabiskan banyak waktu sama sekali di kotak masuk email saya, maksimal satu jam setiap hari, dan kemudian tiba waktu makan malam.

Pada malam hari, istri saya akan memasak makan malam, atau saya yang akan memasaknya. Kami akan bermain dengan putri kami, bermain game, membaca, dan sebagainya. Saat semua urusan keluarga selesai, waktu sudah menunjukkan pukul 20.30, terkadang pukul delapan.

Pada hari-hari tertentu, dua hingga tiga kali seminggu, saya harus pergi ke Latihan bersama di hall Subud dekat rumah saya atau ke wisma Subud yang jaraknya lebih dari 30 kilometer dari rumah saya, dan pulang larut malam. Namun di luar hari-hari itu, saya mencoba menuju kamar tidur lebih awal dan memulai rutinitas perawatan diri, mandi, menyikat gigi. Saya mencoba untuk tertidur antara jam 9 dan 10 karena saya ingin memeriksa apa yang baru di akun media sosial saya (Facebook, Instagram, dan Twitter).

Nah, seperti itulah keseharian saya sebagai copywriter. Faktor-faktor jelas berubah tergantung pada waktu dan musim dalam setahun. Saya belajar banyak bahwa hal ini berubah tergantung pada usia dan tahapan yang saya dan keluarga saya lalui.©2023

 

Pondok Cabe, Tangerang Selatan, 24 October 2023


No comments: