Wednesday, April 24, 2024

Culture is You

SAYA tadi saat mandi mengalami vibes seakan sedang sharing dengan para anggota Pemuda (Youth) Subud Jakarta Selatan dalam suatu gathering nonformal, diantaranya ada Ketua Subud International Cultural Association (SICA) Indonesia untuk masa bakti 2023-2025, Charalambos Elias David. Dalam gathering secara mental itu saya berbagi pengalaman dan pemahaman saya tentang hubungan kita dengan leluhur.

Lalu, ada Youth yang mempertanyakan dengan nada protes bahwa tidak mungkin leluhur dia dan saya, misalnya, bisa segaris, karena saya campuran Jawa-Aceh, sedangkan dia Maluku.

“Lhoooo,” kata saya merespons protesnya, “leluhur bangsa Indonesia pada awalnya kan nggak bersuku, karena datang dari beberapa cultural hub di beberapa titik di benua yang sama. Budaya itu terbentuk karena tantangan geografi, keadaan daerah di mana leluhur kita bermukim untuk jangka waktu yang lama, mungkin sudah tiga atau lima generasi. Leluhur kita, bisa jadi, berasal dari satu budaya, yang lantas dalam proses diaspora terjadi pemecahan menjadi sejumlah subculture sesuai tantangan-tantangan di daerah baru yang ditempati leluhur kita.

“Saya rasa, budaya berkembang dari akar yang sejatinya ada di diri kita masing-masing dalam menyikapi tantangan lingkungan kita—alam, sosial dan ekonomi. Maksud saya, budaya itu individual, bukan kolektif, karena secara hakikat tiap orang itu beda. Budaya bukan sekadar kesenian lhoo... itu sih artefak (peninggalan kebudayaan). Di Subud-lah kita menemukan budaya masing-masing, yang dimanifestasi oleh bimbingan Latihan Kejiwaan. Budaya itu adalah segala gerak hidup kita yang terbimbing Latihan Kejiwaan!”

Di situ, mendadak gathering mental itu terhenti, dan saya terdiam dalam permenungan sesaat, lalu merasakan kegembiraan... Ooh, saya baru mengerti sekarang, makna hakiki dari slogan Culture is You (slogan untuk event festival budaya di Tulungagung tahun depan, yang diterima oleh pembantu pelatih Cabang Surabaya yang kini bermukim di Madiun, Heru Iman Sayudi).©2024

 

Pondok Cabe, Tangerang Selatan, 25 April 2024

No comments: