Tuesday, December 2, 2014

Kata-kata Mutiara Tentang Kreativitas

Otak kreatif yang sejati di bidang apa pun tidak lebih dari ini: makhluk manusia yang lahir abnormal, yang memiliki kepekaan luar biasa. Bagi dirinya, sentuhan dianggap pukulan, suara dianggap kebisingan, kegagalan dianggap tragedi, kegembiraan dianggap ekstase, sahabat dianggap kekasih, kekasih dianggap dewa, dan kegagalan dianggap kematian. Tambahkan pada organisme yang amat rapuh ini kebutuhan yang sangat mendesak untuk berkreasi, berkreasi, berkreasi – sehingga tanpa menciptakan musik atau puisi atau buku atau bangunan atau sesuatu yang bermakna, ia tidak bisa bernapas. Ia harus berkreasi, mesti menumpahkan kreasi. Ia tidak benar-benar hidup kecuali ia berkreasi. (Pearl S. Buck)

Kondisi untuk kreativitas adalah dengan menjadi orang yang bertanya-tanya; berkonsentrasi; mampu menerima konflik dan ketegangan; dilahirkan setiap hari; bisa merasakan diri pribadinya. (Erich Fromm)

Bila hujan yang turun dari awan menjadi awal mula kehidupan bagi tumbuhan, maka demikian pula arus kreativitas menjadi sumber kehidupan bagi manusia. Mari kita rasakan denyut semangat kreatif di dalam diri manusia, yang mempertahankan hidupnya, karena hal itu merupakan satu-satunya cara bagi seseorang untuk menyatu dengan sungai keabadian. Bila kebenaran ini menenggelamkan manusia ke dalam kesukacitaan seperti sinar matahari, ia akan merasa amat bahagia. Semangat kreativitas ibarat sungai yang mengalir di dalam diri manusia dan mengairi tanah jiwanya yang kering, menyegarkannya dan membangkitkan tenaga baru – suatu penciptaan aksi. Tampaknya waktu dan keabadian membaur di dalam diri manusia. Mari kita bangkitkan di dalam diri kita keadaan yang menghasilkan sukses dan hasrat untuk keselarasan ini. (Augustinas Rakauskas, Spirit of Entrepreneurship)

Top 10 Aturan Kreatif:
1. Cara terbaik untuk mendapatkan ide-ide hebat adalah dengan menemukan banyak ide dan membuang yang jelek-jelek.
2. Ciptakan ide-ide yang 15 menit lebih maju dari zamannya… bukan yang maju bertahun-tahun cahaya ke depan.
3. Selalu cari jawaban benar kedua.
4. Jika pada yang pertama Anda tidak berhasil, istirahatlah dulu.
5. Tuliskan ide-ide Anda sebelum Anda melupakannya.
6. Jika semua orang mengatakan bahwa Anda salah, maka Anda telah maju selangkah. Jika semua orang menertawakan Anda, maka Anda telah maju dua langkah.
7. Jawaban atas masalah Anda ‘telah tersedia’. Anda perlu mengajukan pertanyaan yang tepat untuk mengungkap jawabannya.
8. Jika Anda mengajukan pertanyaan yang bodoh, Anda akan memperoleh jawaban yang pintar.
9. Jangan sekali-kali menyelesaikan masalah dari perspektif orisinilnya.
10. Bayangkan masalah Anda telah tuntas sebelum dituntaskan. (Charles Chic Thompson)


No comments: