Sunday, June 22, 2025

Keunggulan Manusia

HARI Minggu malam, 22 Juni 2025, karena internet Indihome di rumah saya mati, saya mencoba menghubungi provider-nya via MyTelkomsel, karena aplikasi MyIndihome kabarnya sudah terintegrasi dengan Telkomsel. Karena baru ganti ponsel, saya belum memasang aplikasi MyTelkomsel di ponsel yang sekarang, sehingga harus mengunduhnya terlebih dahulu dari Google Playstore. Gila! Ukurannya besar sekali, 140 megabyte, untuk aplikasi yang bagi saya tidak terlalu urgen, namun demi bisa mengajukan keluhan ke Indihome menyangkut internet di rumah saya, dengan berat hati saya pun mengunduh aplikasi itu.

Nyatanya, yang membuat saya sangat sebal, menu Pengaduan tidak tersedia di aplikasi tersebut, melainkan hanya frequently asked questions (FAQ) atau soal sering ditanya (SSD) yang menawarkan solusi kepada pelanggan jika ada masalah dengah layanan Indihome. Akhirnya, saya mengirim pesan WhatsApp kepada teknisi Indihome yang pernah beberapa kali ke rumah saya untuk melakukan perbaikan.

Dijawab oleh si teknisi bahwa kemarin dia sedang libur dan menawarkan, jika saya mau, dia bisa ke rumah saya pada pagi hari berikutnya. Tapi istri saya sedang membutuhkan internet untuk jualan daring dia, sehingga saya memaksa si teknisi untuk memberi solusi. Dia menginformasikan saya agar menelepon ke 188, yang segera saya lakukan dan mendapat pelayanan segera dari manusia (bukan robot atau mesin penjawab yang terprogram).

Kemarin malam, dua teknisi mendatangi rumah saya dan segera melakukan perbaikan. Pagi ini, saya uninstall MyTelkomsel yang kelihatan canggih tapi tidak banyak berguna dalam hal melayani keluhan pelanggan. Dan memakan banyak memori penyimpanan internal ponsel saya.

Puji Tuhan, masalah internet di rumah saya teratasi dengan baik. Terserah, saya dibilang jadul atau ketinggalan zaman, tapi bagi saya pelayanan oleh manusia tetap jauh lebih unggul daripada versi artifisialnya.©2025

 

Pondok Cabe, Tangerang Selatan, 23 Juni 2025

No comments: