Monday, June 15, 2009

Aku Sedang Berusaha Tidak Mempercayai Tuhan

Aku sedang berusaha tidak mempercayai Tuhan 
karena semakin aku mencoba mencari tahu 
kenapa Tuhan yang Maha Pengampun malah menghukum umatNya, 
kenapa Tuhan yang Maha Pengasih malah menimpakan bencana atas umatNya,
kenapa Tuhan yang Maha Memberi Petunjuk malah kadang menyesatkan umatNya,
semakin bingung aku dibuatNya... 

Aku sedang berusaha tidak mempercayai Tuhan 
supaya aku tidak tersesat dalam kebingungan dengan mempercayai bahwa segala sesuatu adalah kehendakNya: 
Bila aku sakit -- akibat ketololanku sendiri -- 
maka guru agama bilang itu kehendakNya 
Jika aku nestapa -- oleh sebab kebodohanku sendiri -- 
maka pendeta bilang itu kehendakNya 
Kalau usahaku gagal -- oleh egoisku sendiri -- 
maka pencari di jalan spiritual bilang itu kehendakNya 

Dari mana aku tahu itu memang kehendakNya? 
Semua menggeleng, "Ah, kami tidak berani menjawabnya!" 
Memang paling gampang melemparkan segala permasalahan ke keranjangNya 
Dan tinggallah kita diam tak berusaha -- toh nanti datang keputusanNya 

Aku sedang berusaha tidak mempercayai Tuhan 
karena aku yakin Dia Maha Segalanya, 
dipercaya atau tidak, Dia tetap ada dipuji dan dipuja, 
Dia tidak besar kepala dihina dan dinista, 
Dia tidak naik darah seperti halnya manusia 
Aku sedang berusaha tidak mempercayai Tuhan 
Hanya berusaha -- karena hanya itu yang aku punya 


Jakarta, 16 Juni 2009

No comments: